Jakarta, 08 juni 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Forensic Auditor Senior (CFAS).

Pelatihan Sertifikasi Forensic Auditor Senior tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu pagi selama kurang lebih 3×60 menit yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri 6 orang peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Forensic Auditor Senior. Beliau adalah Ibu Rilia Putri, ME., Ak., CA., CPA., CFE., CFP., QWP (Praktisi Akuntansi dan Perpajakan, Senior Auditor, Independent Financial Advisor, Instruktur), dengan seorang moderator yaitu (Moderator & Customer Service ESAS Management).

Di awal pelatihan Ibu Rilia memaparkan bahwa audit forensic merupakan cabang khusus berfokus pada penyelidikan untuk menemukan adanya kecurangan atau pelanggaran hukum. Akuntansi forensic pada dasarnya adalah perpaduan antara bidang akuntansi dan bidang hukum.
Bu Rilia juga menambahkan audit forensik merupakan proses yang sistematis untuk memverifikasi kebenaran laporan dan transaksi lainnya dengan tujuan menemukan adanya tindakan penipuan atau ketidakpatuhan terhadap peraturan.
Pelatihan audit forensic yang diselenggarakan oleh ESAS Management menyajikan materi yang lengkap, yaitu diantaranya :

Sertifikasi Audit Forensik : Menyelidiki Kasus Kejahatan Keuangan.
Dokumentasi Pelatihan CFAS.
  1. Pengantar Akuntansi Forensic
  2. Metodologi Akuntansi Forensic
  3. Lingkup Akuntansi Forensic
  4. Kode Etik Akuntansi Forensic Serta Standar Audit Investigative
  5. Standar Akuntansi Forensic
  6. Standar Akuntansi Forensic
  7. Akuntansi Forensic VS Audit Forensic
  8. Pemahaman Audit Forensic
  9. Tujuan dan Karakteristik Audit Forensic
  10. Teknik Audit Forensic Beserta Kertas Kerja
  11. Pelaporan Audit Forensic

Dalam pengunaannya akuntansi forensic adalah untuk mempersiapkan litigasi terkait dengan klaim asuransi, kebangkrutan, perceraian, pembagian harta gono-gini dalam sebuah kasus perceraian, penggelapan, penipuan, skimming, dan segala jenis pencurian pengungkapan kasus korupsi, dll.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pelatihan audit forensik yang difasilitasi oleh ESAS Management diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para profesional dalam mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan bukti atau informasi terkait kejahatan atau pelanggaran hukum. Audit forensik seringkali terkait dengan investigasi , keamanan informasi, dan penipuan.