Padang, 8 Juni 2024 — ESAS Management, sebuah Lembaga pelatihan terkemuka, mengadakan kegiatan pelatihan marketing yang berlangsung selama dua hari di Fakultas dan Universitas Andalas. Acara ini diikuti oleh 20 peserta dari mahasiswa yang telah melalui tahapan seleksi sebelumnya oleh pihak kampus, terdiri dari mahasiswa/i DII, S1, & S2 FEB Universitas Andalas Padang.

Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas dan Universitas Andalas, Ma'ruf, S.E., M.Bus., M.Phil., DBA., menghadirkan pakar marketing sebagai pembicara. Dalam sambutannya, Ma'ruf menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai marketing dalam era revolusi industri 4.0. “Dengan menguasai teknik-teknik pemasaran , kita dapat bersaing di pasar global dan memajukan perekonomian lokal,” ujarnya.

Materi pelatihan mencakup berbagai aspek marketing, mulai dari strategi SEO ( Optimization), pengelolaan media sosial, hingga analisis data dan optimasi kampanye iklan . Salah satu sesi yang mendapatkan perhatian besar adalah workshop tentang penggunaan alat analitik seperti Pixel untuk memahami perilaku konsumen dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran.

Pelatihan Digital Marketing oleh ESAS Management di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas
Dokumentasi pelatihan

Pembicara utama, Eris Sutrisna, seorang marketing strategist dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di industri, membagikan pengetahuan dan tips praktis dalam membangun brand awareness dan meningkatkan engagement melalui platform . “Kunci sukses dalam marketing adalah memahami audiens dan menciptakan konten yang relevan dan menarik. Dengan demikian, kita dapat membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan meningkatkan konversi,” tutur Eris Sutrisna.

Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi kelompok, di mana mereka dapat berbagi pengalaman dan mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan strategi marketing. Salah satu peserta, Muhammad Sultan, mahasiswa semester akhir Pascasarjana, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan memberikan wawasan baru yang dapat diterapkan dalam tugas akhirnya. “Saya jadi lebih memahami bagaimana memanfaatkan media sosial secara efektif untuk mempromosikan produk dan jasa,” kata Sultan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Penutupan pelatihan diisi dengan pemberian sertifikat Pelatihan berbasis kompetensi kepada seluruh peserta dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi BNSP RI skema Marketing. Direktur ESAS Management yang juga merupakan pembicara utama, Bapak Eris Sutrisna, berharap bahwa ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini dapat diterapkan secara maksimal oleh para peserta dalam aktivitas pemasaran mereka. “Kami berharap dapat terus berkolaborasi dengan Universitas Andalas dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat seperti ini,” ucap Eris Sutrisna.