Jakarta, 9  Juni 2024 ESAS management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Data Entry Specialist (CDES). Certified Data Entry Specialist (CDES) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 9 Juni 2024 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda. Tidak lupa pelatihan ini difasilitasi oleh fasilitator yang luar biasa yang ahli dibidangnya, yaitu Pak Tomy Darmawan, S.Kom., MOS. (Microsoft Office Specialist by Microsoft, Master Trainer ESAS Management)

Di era saat ini, banyak organisasi mengandalkan data untuk membuat keputusan yang tepat. Oleh karena itu, peran seorang data entry specialist menjadi sangat penting. Data entry specialist adalah individu yang bertanggung jawab untuk memasukkan, memperbarui, dan mengelola data dalam sistem . Mereka memastikan bahwa informasi yang dimasukkan akurat, terorganisir, dan mudah diakses ketika dibutuhkan oleh pihak yang relevan dalam organisasi.

Tugas utama seorang data entry specialist adalah memasukkan data mentah ke dalam sistem atau basis data. Data ini bisa berupa informasi pelanggan, transaksi penjualan, atau data inventaris. Selain memasukkan data, mereka juga bertanggung jawab untuk memverifikasi data yang telah dimasukkan untuk memastikan keakuratannya. Ini bisa melibatkan pengecekan ulang informasi dan mengoreksi kesalahan. Data entry specialist harus memastikan bahwa sistem data selalu up-to-date dan diorganisir dengan baik. Mereka mungkin perlu memperbarui atau menghapus data yang sudah tidak relevan atau kadaluarsa. Menjaga kerahasiaan data adalah aspek penting dari pekerjaan ini. Data entry specialist harus memastikan bahwa data sensitif terlindungi dari akses yang tidak sah. Kadang-kadang, mereka mungkin diminta untuk menghasilkan laporan berdasarkan data yang mereka kelola, yang bisa membantu manajemen dalam membuat keputusan yang informasional.

Untuk menjalankan tugas-tugas tersebut, seorang data entry specialist harus memiliki berbagai keterampilan. Mereka harus memiliki kemampuan untuk memasukkan data dengan cepat dan tepat karena kesalahan kecil bisa menyebabkan masalah besar. Kemampuan untuk mengoperasikan perangkat lunak data entry, seperti Microsoft Excel, Sheets, atau sistem manajemen basis data khusus, sangat diperlukan. Mereka juga harus terorganisir dengan baik untuk mengelola dan memelihara sejumlah besar data. Meskipun pekerjaan ini lebih banyak dilakukan secara individu, kemampuan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dan manajemen tetap penting untuk memahami instruksi dan menjelaskan data. Selain itu, data entry specialist perlu memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan data.

Data Entry Specialist: Peran, Tanggung Jawab, dan Keterampilan yang Diperlukan
Dokumentasi Pelatihan CDES.

Secara keseluruhan, peran seorang data entry specialist sangat krusial dalam mendukung operasi yang efektif dan efisien. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk memasukkan dan mengelola data, tetapi juga memastikan bahwa data tersebut akurat dan dapat diandalkan. Dengan keterampilan yang tepat, seorang data entry specialist dapat menjadi aset berharga bagi organisasi mana pun. Menjadi seorang data entry specialist memerlukan perhatian terhadap detail, keterampilan teknis, dan kemampuan organisasi yang kuat. Bagi mereka yang tertarik dengan peran ini, peluang karir yang menjanjikan menanti di berbagai industri.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

(Simak Lebih Lanjutnya hanya di Pelatihan Sertifikasi Certified Data Entry Specialist bersama ESAS Management)

Dalam pelatihan, Pak Tomy menjelaskan tidak hanya terkait dengan teori saja namun juga menjelaskan secara langsung bagaimana praktiknya di lapangan dan tentunya membuka forum diskusi kepada peserta agar dapat saling berbagi kendala yang dihadapi di lapangan.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Data Entry Specialist (CDES) yaitu sebagai berikut:

  1. Data entry dalam berbagai jenis
  2. Ruang lingkup data entry
  3. Intro typing blind system
  4. Skill komunikasi
  5. Voice to text tools
  6. Editing PDF tools
  7. Intro Ms Excel

Diakhir acara para peserta Certified Data Entry Specialist (CDES) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.  

Menurut Salah satu peserta, yaitu  Rosyid Al-Hakim pelatihan ini sangat menambah banyak wawasan saya dan banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Menarik dan seru sekali bagi saya karena pembawaan pak Tomy yang mudah dimengerti. Terima kasih banyak untuk fasilitator yang luar biasa dan ESAS Management.