Jakarta- 02 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Marketing Management (CDMM). Pelatihan Certified Marketing Management (CDMM) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu , 02 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Marketing Management (CDMM). Beliau adalah Eris Sutrisna, S.Pd., M.M., CMT.  (Founder & CEO ESAS Management, Marketing Specialist, Certified Marketing BNSP)


Pada awal pelatihan, Pak Eris memaparkan bahwa Marketing memiliki banyak kelebihan yang menguntungkan masyarakat baik itu untuk menjual, memasarkan, maupun mendirikan sebuah branding. Namun perlu dicatat bahwa Marketing juga memiliki kekurangan, untuk melakukan marketing diperlukan waktu, tenaga, dan semangat yang kuat dan konsisten untuk terus belajar. Selain itu Marketing akan menjadi sebuah kekurangan apabila tidak ada ilmu dan pengalaman yang baik dalam merealisasikan dan memanfaatkannya.

“Gaya Hidup dan Gaya Belanja Manusia sudah mulai beralih ke internet semua sehingga harus ada yang namanya marketing” Jelas Pak Eris

marketing memiliki ekosistemnya tersendiri, salah satunya yaitu website, website ini pertama kali terlahir oleh Tim Berners Lee pada tahun 1989 atau yang dikenal dengan sebutan world wide web. Setelah dikembangkan, website ini memiliki beberapa manfaat yang sampai saat ini terus menguntungkan bagi masyarakat dan beberapa perusahaan. Website dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, karena konsumen masih menilai bahwa apabila suatu perusahaan memiliki web maka perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar dan dapat dipercaya. Website ini digunakan sebagai chanel hub yang selalu berhubungan dengan dengan sebuah brand. Ekosistem kedua pada marketing yaitu social media yang bertujuan untuk melakukan promosi maupun menyebarkan pesan terkait dengan brand yang dikembangkan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Seringkali manusia melakukan kesalahan dalam melakukan marketing. Takut bereksperimen merupakan sebuah kesalahan yang menyebabkan brand hanya mengalami fase stagnan dan tidak mengalami perkembangan dan perubahan, tidak masalah apabila gagal dan mengalami rugi pada awal percobaan pertama karena dari situlah dapat menjadi evaluasi. Dalam pelatihan marketing yang disampaikan oleh Pak Eris peserta diajarkan untuk melakukan contentengaging yaitu membuat konten yang relevan dengan target market. Juga diajarkan untuk membuat budgeting yang sesuai dengan yang kita perlukan. (Simak lebih lengkapnya di Pelatihan Certified Marketing Management yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Pelajari Pentingnya Digital Marketing di ESAS Management!
Doc. Pelatihan CDMM Batch 19

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam  Certified Marketing Management (CDMM) yaitu sebagai berikut:

  1. Fundamental Marketing
  2. Ekosistem Marketing
  3. Marketing Plan
  4. Kesalahan Umum Marketing
  5. Role Marketing
  6. Membuat Akun FB Ads
  7. Praktek Beriklan di FB Ads

Diakhir acara para peserta dalam  Certified Marketing Management (CDMM) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Emil Salim mengucapkan banyak terima kasih kepada Esas Management dan Pak Eris yang luar biasa untuk materi marketing, saya merasa sangat puas dari segi pelayanan dan pelatihan, terima kasih atas ilmu dan hal barunya.