Jakarta- 20 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Professional Social Media Marketing  (CPSMM). Pelatihan Certified Professional Social Media Marketing  (CPSMM) tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 20 November 2023 pukul 19.00 s.d 22.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Professional Social Media Marketing  (CPSMM). Beliau adalah Danis Wahyu, S.AB., M.A, CMT. (COO Esas Management, Specialist, Master Trainer BNSP)


Pada awal pelatihan, Pak Danis menjelaskan terlebih dahulu apa itu social media dan seberapa hebatnya social media itu. Social media merupakan platform yang memungkinkan individu untuk berinteraksi dan berbagi berbagai jenis konten. Social media juga merupakan lingkungan online yang memfasilitasi aktivitas sosial. Social media memiliki pengaruh yang luar biasa karena sebesar 77% populasi di Indonesia sudah dapat mengakses internet dan sebesar 60% mengaktifkan social media.

“Social Media = Tempat untuk melakukan aktivitas dengan orang lain, termasuk menjual produk“ Ucap Pak Danis Pak Danis juga menjelaskan bahwa dibutuhkan ide konten dalam pembuatan social media agar menarik pengguna lainnya. Pak Danis menjelaskan cara mencari ide konten yaitu dengan melakukan DIA (Digging-Interview-Answer) (Penasaran dengan penjelasannya? Mari ikuti Pelatihan Certified Professional Social Media Marketing hanya di ESAS Management). Tujuan konten juga diperlukan dalam membuat social media, apakah fokusnya kedalam bidang entertainment, atau fokusnya untuk promosi, atau untuk edukasi, dan lain sebagainya. Karena dengan adanya tujuan ini penting dan tentu mempengaruhi bagaimana cara kita membuat dan memposting konten social media sesuai dengan fokus yang diinginkan, tentu saja reaksi dari pengguna juga berbeda sesuai dengan apa yang dipost di .

Menjadi Professional Social Media Marketing bersertifikat BNSP?? Dimana lagi kalau bukan di ESAS Management!
Doc. Pelatihan CPSMM Batch 9

Terdapat beberapa strategi yang dilakukan untuk dapat mengoptimasi social media, optimalisasi ini harus dapat terfokus pada pertumbuhan brand dan mencapai target serta tujuan yang dapat terukur. Jangan lupa social media juga harus dapat fokus kepada visual, tampilan dan konten yang akan di post harus dapat menarik minat pengguna social media lainnya. Melakukan share postingan di waktu yang tepat saat penggunaan social media sedang ramai juga sangat mempengaruhi loh. Kita pun harus memonitor performa media sosial yang sudah dilakukan agar kita dapat mengetahui langkah selanjutnya yang harus diambil maupun di evaluasi.Top of Form

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dalam pelatihannya, Pak Danis tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan diskusi dan berpraktik bersama para peserta untuk melakukan pengiklanan di social media serta membuat portofolio produk, selain itu pak Danis juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Professional Social Media Marketing  (CPSMM) yaitu sebagai berikut:

  1. Fundamental Social Media
  2. Social Media Content Workflow
  3. Content Planning
  4. Content Scheduling on Bussines Suite
  5. Social Media Strategy
  6. Social Media Tools

Diakhir acara para peserta Certified Professional Social Media Marketing  (CPSMM) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Muhammad Umar, pelatihan hari ini sangat memuaskan dan menambah ilmu baru dalam social media marketing bahkan menambah wawasan untuk melakukan iklan produk. Terima kasih Pak Danis.