Jakarta- 26 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Business Development Specialist (CBDS). Pelatihan   Certified Certified Business Development Specialist (CBDS) tersebut diselenggarakan pada hari Minggu, 26 November 2023 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang   Certified Business Development Specialist (CBDS). Beliau adalah Aditya Hermawan, SE, Ak, MSA (Founder & Owner AKULABA.com, Dosen, Praktisi).

           
Pada awal pelatihan, Pak Adit menjelaskan bahwa
Business development merupakan proses strategis yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan. Business development meliputi langkah-langkah seperti mengidentifikasi peluang, merencanakan strategi, membangun kemitraan, mengembangkan produk dan layanan, pemasaran dan penjualan yang efektif, serta manajemen yang cerdas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan, memperluas pangsa pasar, dan mencapai pertumbuhan jangka panjang.

Tidak hanya itu namun Pak Adit juga menjelaskan terkait dengan Strategi , Strategi merupakan rencana menyeluruh yang meliputi pengelolaan pendapatan, pengeluaran, investasi, dan kebijakan . Langkah awalnya adalah menetapkan tujuan yang jelas, seperti menabung untuk pensiun atau investasi. Selanjutnya, strategi ini melibatkan pengaturan pendapatan, kontrol pengeluaran, manajemen utang, alokasi untuk investasi, dan penyediaan darurat. Pemahaman terhadap pajak juga penting dalam mengelola keputusan . Semua ini bertujuan untuk mencapai stabilitas dan tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan.

Business Development Specialist juga meliputi pengembangan produk dan layanan. Pengembangan produk dan layanan disebut sebagai proses menciptakan produk baru atau meningkatkan yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan pasar dan mencapai pertumbuhan . Langkah-langkahnya meliputi identifikasi peluang, perencanaan produk, pengembangan konsep, pembuatan prototipe, uji coba, produksi, pemasaran, pelacakan kinerja, perbaikan terus-menerus, dan perlindungan hak kekayaan intelektual. Ini adalah proses berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan daya saing di pasar yang dinamis. (Simak selengkapnya hanya di pelatihan Certified Business Development Specialist  yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca


Design thinking adalah pendekatan inovatif yang fokus pada pemecahan masalah kompleks dengan memprioritaskan pengguna. Tahapannya dimulai dengan tahap Empati, di mana pemahaman mendalam tentang pengguna dan situasinya diperoleh melalui wawancara dan pengumpulan data. Tahap selanjutnya, Pengertian, melibatkan penentuan masalah yang akan diselesaikan. Kemudian, tahap Ideasi, di mana tim menciptakan beragam ide kreatif. Prototipe kemudian dibuat dalam tahap berikutnya, diikuti dengan tahap Uji di mana prototipe diuji pada pengguna untuk mendapatkan umpan balik. Tahap terakhir, Iterasi, memungkinkan perbaikan berkelanjutan berdasarkan umpan balik yang membantu mencapai solusi terbaik. Metode ini diterapkan di berbagai bidang untuk inovasi dan pengembangan produk dan layanan yang lebih berorientasi pada pengguna.

Design Thinking untuk Pengembangan Bisnis? Yuk pelajari di Pelatihan Business Development Specialist Bersama ESAS Management!
Foto Design Thinking untuk Pengembangan Bisnis? Yuk pelajari di Pelatihan Business Development Specialist Bersama ESAS Management! (Google Images)

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Corporate Secretary Professional  (CCSP) yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep Dasar Business Development.
  2. Strategi Pemasaran.
  3. Strategi .
  4. Strategi SDM.
  5. Strategi Produksi
  6. Pengembangan Produk dan Layanan
  7. Design Thinking

Diakhir acara para peserta Certified Business Development Specialist (CBDS) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   
Menurut Salah satu peserta, yaitu Pak Rahman Hasibuhan, saya sangat senang dengan pelatihan ini karena saya mendapatkan pencerahan, penjelasan dari pak aditya juga sangat jelas, semoga kedepannya dapat menambah ilmu pengetahuan dan dapat mengembangkan kinerja terutama dapat membuka usaha baru.