Jakarta, 20-21 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Public Speaking Specialist (CPSS).

Pelatihan Sertifikasi Certified Public Speaking Specialist (CPSS) tersebut diselenggarakan pada hari Jumat dan Sabtu, 20-21 Oktober 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Public Speaking Specialist (CPSS). Beliau adalah Chepy Nuhdian, S.S., CMT (Master Trainer ESAS Management, MC & Public Speaker Profesional).

Dalam pemaparannya, Chepy Nuhdian menjelaskan bahwa “Seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang (public speaker) ke sekelompok orang  (audience) secara langsung, seperti dalam kegiatan pidato, moderator, MC, dan dalam presentasi atau kegiatan penyampaian materi pembelajaran di kelas” ujar bapak Chepy.

Public speaking asal kata dari public and speaking. Public artinya bukan pribadi, meliputi orang banyak. Sedangkan speaking artinya pembicaraan, yang terdiri dari beberapa aspek yaitu content (isi), bicara terkait aspek verbal dan body language (aspek non verbal).

Ada beberapa unsur mengenai public speaking, apa ajasih?

  • Pengenalan
  • Bagian Inti
  • Bagian Akhir

Dan Coach Cevy Nuhdian mengatakan bahwa ada 10 penting dalam public speaking, yaitu :

  • Harus percaya diri
  • Menguasai materi
  • Verbal, Bahasa baik, artikulasi yang jelas
  • Vocal, intonasi, tinggi rendah suara, cepat lambatnya
  • Visual, ekspresi (mata, alis, bibir, dsb), gerak gerik tubuh, Gerakan tangan dan penampilan
Publik Speaking itu Penting?
Doc. Pelatihan CPSS Batch 13

Di dalam pelatihan ini pun Coach Cevy Nuhdian memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan simulasi praktek public speaking test dalam  yaitu pembukaan opening, dan simulasi yang bertema kan mengatasi gejala dan penyebab ketakutan berbicara di depan umum dan tema yang kedua membangun citra positif diri melalui komunikasi yang efektif.

 
Apa saja tujuan dan fungsi dari public speaking ? Tujuan dan fungsi public speaking adalah menyampaikan informasi, menghibur audiens, mempengaruhi audiens, menambah pengetahuan, memperbaiki hubungan, memahami permasalahan dan menyampaikan masalah.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Apa teknik dasar dari public speaking? Teknik dasar dari publik speaking adalah percaya diri (akarnya public speaking), teknik vocal (volume, kecepatan, artikulasi, intonasi), ekspresi & gesture (untuk menunjang visual), dan komunikatif (membangun koneksi dengan audiens).

Apa Tips and Tricks Public Speaking? Tips And Tricks Public Speaking yaitu Smile, smile and smile, Jangan dibuat-buat sesuai dengan ekspresi kita dengan apa yang kita katakan, dan Jangan memperlihatkan ekspresi yang menurunkan kredibilitas anda.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Public Speaking Specialist (CPSS), yaitu sebagai berikut:

  1. Definisi Public Speaking
  2. Tujuan dan fungsi public speaking
  3. Teknik dasar public speaking
  4. Syarat-syarat yang harus dimiliki seorang public speaking
  5. Metode public speaking
  6. Point penting dalam public speaking
  7. Cara berbicara yang membuat orang tertarik dengan kita

Diakhir acara para peserta sertifikasi Certified Public Speaking Specialist (CPSS) juga sangat berperan aktif dalam pelatihan ini. Peserta pelatihan mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh fasilitator dengan waktu yang singkat dengan penuh antusias dari audient.

Perseta Certified Public Speaking Specialist (CPSS) juga sangat mengapresiasi pelatihan ini. Ibu noviana mengatakan bahwa “Pelatihan di Esas Management ini sudah sangat baik sekali dilihat dari - yang lainnya. Dikarenakan dengan harganya yang terjangkau esas management dapat memberikan gelar non akademik dan pelatihan yang sangat bermanfaat dan relevan dengan pekerjaan saya”

Pak Darma pun mengatakan bahwa “ benar adanya jika dilihat dari segi kualitas nya pelatihan di esas manajemen ini terbaik apalagi di pelatihan CPSS ini yang relevan juga dengan pekerjaan saya. Benar-benar bermanfaat”