Jakarta- 28 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Strategic Planning Professional (CSPP). Pelatihan   Certified Strategic Planning Professional (CSPP) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang   Certified Strategic Planning Professional (CSPP). Beliau adalah Dr. (c) Billy Lazuardi S.E, M.M   (Dosen, Editor, Penulis Buku, Master Trainer ESAS Management).


Pada awal pelatihan, Pak Billy menyampaikan bahwa Perencanaan strategis merupakan proses yang melibatkan penetapan tujuan organisasi, pengembangan strategi, pembuatan kebijakan dan program-program yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, serta penentuan metode yang memastikan implementasi yang sukses dari strategi dan kebijakan tersebut. Perencanaan ini juga dikenal dengan proses perencanaan jangka panjang yang menyusun dan mengimplementasikan rencana yang bertujuan untuk mengidentifikasi serta mencapai tujuan organisasi. Dalam melakukan perencanaan strategis ada formula strategi yang digunakan, salah satunya yaitu mendefinisikan visi, misi, dan value dari organisasi.

“Tidak ada strategi yang benar atau strategi yang salah, yang ada apakah stategi yang diformulasikan tepat atau tidak tepat” jelas Pak Billy

Pernyataan visi dan misi suatu organisasi memiliki kaitan erat dengan hati dan semangat anggota dalam komunitas organisasi tersebut. Kepemimpinan memegang peran penting dalam merumuskan visi dan misi perusahaan dengan prinsip-prinsip seperti ketulusan, kerendahan hati, dan keteladanan. Namun, yang paling vital bukanlah kata-kata dalam pernyataan visi dan misi itu sendiri, melainkan nilai-nilai, semangat, dan jiwa yang terkandung di dalamnya, yang seharusnya menjadi panduan bagi seluruh anggota organisasi. Dapat disimpulkan bahwa hubungan antara Visi, Misi, dan Perencanaan Strategis adalah sebagai berikut, Visi menjelaskan tujuan eksistensi organisasi, Misi menggambarkan bagaimana organisasi akan mencapai tujuan tersebut dan memberikan arahan terhadap aktivitas yang akan dijalankan, dan tujuan serta sasaran menjadi panduan yang mengarahkan organisasi dalam mencapai visi dan misi tersebut dalam periode waktu tertentu.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Untuk menjaga dan memajukan kelangsungan organisasi, diperlukan kemampuan untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan dengan mengoptimalkan kekuatan organisasi guna memanfaatkan peluang yang muncul secara optimal, sambil mengatasi kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Ada yang dinamakan dengan alat perencanaan strategis, yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard memiliki empat perspektif utama, diantaranya Perspektif yang terfokus pada kinerja organisasi dengan menggunakan indikator seperti ROI dan laba bersih, Perspektif Pelanggan berkaitan dengan penentuan segmen pasar dan pelanggan yang menjadi target organisasi. Perspektif Proses Internal,  Menyoroti proses internal yang kritis dalam memberikan nilai proposisi yang menarik bagi pelanggan dan menjaga pangsa pasar yang diinginkan. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, proses ini memberikan infrastruktur untuk mencapai perspektif sebelumnya dan menciptakan pertumbuhan jangka panjang. 

Perencanaan Strategis : Konsep, Proses, Etika. Simak semua pada pelatihan Strategic Planning Professional hanya di ESAS Management!
Doc. Pelatihan CSPP Batch 5

Selain itu ada yang dinamakan dengan Key Performance Indikator (KPI) yang merupakan rangkaian indikator kunci yang dipilih organisasi dengan sifat terukur yang berfungsi untuk memberikan informasi atau penilaian apakah sasaran strategis perusahaan sudah dicapai atau belum. KPI juga sering disebut sebagai Indikator Kinerja Utama, dimana variable ini sering digunakan untuk menilai kinerja dari karyawan. Syarat Penentuan KPI adalah menjalankan (SMART-C) yaitu Spesific, Measureable, Achieveable, Relevant, Timebond, dan Challenging. (Simak penjelasan Key Performance Indikator lebih dalam di pelatihan Certified Strategic Planning Professional yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Dalam pelatihan  Strategic Planning Professional, Pak Billy selaku fasilitator tidak hanya menjelaskan teori general saja, namun juga ada materi bonus yang luar biasa dan khusus diberikan oleh Pak Billy untuk peserta pelatihan Certified Strategic Planning Professional (CSPP) saja loh!


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Strategic Planning Professional (CSPP)  yaitu sebagai berikut:

  1. Konsep dasar perencanaan strategis
  2. Proses perencanaan strategis
  3. Alat dan metode dalam perencanaan strategis
  4. Integrasi perencanaan Strategis dengan fungsi organisasi lainnya
  5. Implementasi dan pengukuran kesuksesan perencanaan strategis
  6. Etika dan tanggung jawab sosial dalam perencanaan strategis

Diakhir acara para peserta Certified Strategic Planning Professional (CSPP)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Pak Ali Akbar materi Certified Strategic Planning Professional (CSPP) yang disampaikan sangat komperensif dan tinggal diimplementasikan dan dikembangkan, cara penyampaian dari coach billy baik sekali dan mengizinkan untuk berdiskusi di grup apabila masih kebingungan, luar biasa fasilitasnya terima kasih Pak Billy dan ESAS Management, saya sangat merekomendasikan pelatihan ini.