Jakarta- Tanggal 30-31 Oktober 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Risk Management Specialist (CRMS).

Pelatihan Certified Risk Management Specialist (CRMS) tersebut diselenggarakan pada hari Senin-Selasa, 30-31 Oktober 2023 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Risk Management Specialist (CRMS). Beliau adalah Bapak Aswin Sumarto, S.S., M.M., CBIA. (Master Trainer ESAS Management, Risk Management & HSE PT. Angkasa Pura Kargo).



Dalam pemaparannya, Bapak Aswin menjelaskan bahwa Langkah pertama yang paling efektif

yang bisa diambil oleh lembaga dalam manajemen risiko kredit adalah dengan mendapatkan info yang lengkap tentang risiko kredit secara keseluruhan, baik dari tingkat individu, nasabah, dan portofolio.

Penerapan manajemen risiko kredit pada lembaga terdiri dari empat hal, yaitu:

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  1. Kebijakan, Prosedur, dan Penetapan Limit
  2. Proses Identifikasi, Pengukuran, Pemantauan, dan Pengendalian Risiko, serta Sistem Informasi Manajemen Risiko
  3. Sistem Pengendalian Intern secara Menyeluruh
  4. Pendekatan untuk Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai

Risiko sering dikenali sebagai “potensi kejadian” (sebagaimana didefinisikan dalam Pedoman ISO  73:2009, 3.5.1.3) dan “konsekuensi” (sebagaimana  didefinisikan dalam Pedoman ISO 73: 2009, 3.6.1.3), atau kombinasi dari keduanya.

CRMS: Mendalami Dunia Manajemen Risiko bersama ESAS Management.
Doc. Pelatihan CRMS Batch 7

Risiko sering dinyatakan dalam bentuk kombinasi  konsekuensi dari suatu kejadian (termasuk perubahan  keadaan) dan “kemungkinan” yang terkait dari kejadian (sebagaimana didefinisikan

Suatu pendekatan penyusunan anggaran berbasis risiko dimana rencana kerja manajemen adalah rencana penanganan risiko sedangkan anggaran RKAP adalah biaya penanganan risiko, berdasarkan hasil dari proses manajemen risiko yang telah dilakukan sebelumnya.

Rencana penanganan risiko adalah hasil akhir proses asesmen risiko (RCSA atau risk and control self-assessment) sehingga sangat penting waktu pelaksanaan proses asesmen risiko dilakukan sebelum proses penyusunan RKAP.

Definisi Manajemen Risiko menurut SNI ISO 31000

Manajemen Risiko adalah “aktivitas terkoordinasi  untuk mengarahkan dan mengendalikan organisasi terkait risiko” Risk management is “coordinated activities to direct and controlan organization with regard to risk”

ISO 31000:2018 menekankan sifat manajemen risiko yang iteratif. Hal ini berarti manajemen risiko perusahaan mengalami penyempurnaan bersamaan dengan berjalannya proses manajemen risiko.

“Prinsip manajemen risiko merupakan landasan untuk mengelola risiko dan harus dipertimbangkan / menjadi acuan ketika akan merancang dan menetapkan kerangka kerja dan proses manajemen risiko”.

Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Risk Management Specialist (CRMS) yaitu sebagai berikut:

  1.  ERM in Fact
  2. Risk Management Approach
  3. Management Strategis
  4. Arsitektur Manajemen Risiko