Jakarta- 03 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Auditor Internal Awareness (CAIA). Pelatihan Certified Auditor Internal Awareness (CAIA)  tersebut diselenggarakan pada hari Rabu , 03 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Certified Auditor Internal Awareness (CAIA). Beliau adalah Yakin Ermanto, S.T. M,B (Praktisi dan Trainer QHSE, Senior HSE Advisor LNG)


Pada awal pelatihan, Pak Yakin menjelaskan bahwa ruang lingkup terkait Auditor Management System berpacu pada ISO 19011 tahun 2018. ISO 19011:2018 adalah standar yang memberikan panduan untuk audit sistem manajemen. Panduan ini mencakup tentang prinsip-prinsip audit, manajemen program audit, evaluasi kompetensi individu dalam audit, dan dapat digunakan oleh berbagai jenis organisasi untuk audit internal, eksternal, dan pengelolaan program audit. Audit menurut ISO 19011:2018, adalah suatu rangkaian kegiatan yang terstruktur, tidak dipengaruhi oleh pihak terkait, dan didokumentasikan dengan baik.

“Audit ini merupakan suatu proses agar mendapatkan suatu bukti untuk mengevaluasinya secara objektif” Jelas Pak Yakin

Sebenarnya apa saja tanggung jawab dan peran seorang audit? Manajer Program Audit memiliki tanggung jawab yang penting dalam proses audit. Tanggung jawab tersebut mencakup berbagai aspek, seperti menetapkan sasaran dan cakupan program audit, mengidentifikasi serta mengevaluasi risiko yang mungkin terjadi selama audit, menetapkan tanggung jawab individu dan prosedur yang diperlukan, serta memastikan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan audit dengan sukses. Selain itu, Manajer Program Audit juga bertanggung jawab memastikan bahwa program audit dijalankan sesuai rencana, mengawasi pelaksanaan audit, serta memeriksa dan meningkatkan proses audit secara berkala. Seluruh catatan terkait program audit juga harus dijaga dengan baik. Dengan demikian, Manajer Program Audit memiliki peran yang krusial dalam menjalankan program audit secara efektif dan efisien. Program audit sebaiknya dipantau dan dievaluasi secara berkala pada jeda waktu yang sesuai. Hasil dari peninjauan tersebut seharusnya disampaikan kepada manajemen tingkat atas. Evaluasi program juga harus mencakup peninjauan terhadap peningkatan kompetensi tim audit dan peninjauan atas efektivitas laporan dari program audit. Program Audit juga harus mengalami suatu improvement Program. (Simak lebih lengkapnya di Pelatihan Certified  Auditor Internal Awareness  yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca
Auditor Internal Awareness? Apa saja ruang lingkup dan tanggung jawabnya? Mari pelajari lebih lanjut hanya di ESAS Management!
Doc. Pelatihan CAIA Batch 4

Dalam upaya meningkatkan program audit, sejumlah faktor harus diperhitungkan secara cermat. Pertimbangan tersebut mencakup evaluasi hasil dan tren dari pengawasan yang telah dilakukan, peninjauan atas akurasi dan kesesuaian prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan audit, serta memperhatikan kebutuhan dan harapan dari pihak-pihak yang terlibat. Selain itu, catatan-catatan terkait dengan program audit juga perlu diperiksa dengan teliti. Selanjutnya, pengidentifikasian praktek-praktek audit baru atau alternatif yang mungkin diperlukan dalam perbaikan program harus dilakukan. Efektivitas hasil pengukuran risiko yang diterapkan dalam program audit juga menjadi pertimbangan penting. Selain itu, kerahasiaan dan keamanan informasi dalam program audit harus selalu menjadi perhatian utama. Semua faktor ini harus dipertimbangkan dengan cermat dalam upaya terus-menerus meningkatkan program audit.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam  Certified Auditor Internal Awareness (CAIA)  yaitu sebagai berikut:

  1. Pengertian Audit
  2. Ruang Lingkup Audit
  3. Tipe Audit
  4. Istilah Audit ISO 19011
  5. Batang Tubuh ISO 19011
  6. Prinsip Audit
  7. Pelaksanaan Audit
  8. Pelaporan Audit

Diakhir acara para peserta Certified Auditor Internal Awareness (CAIA) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Bu Faridha Rahayu materi pelatihan Certified Auditor Internal Awareness (CAIA)  pada malam hari ini sangat memperkaya keilmuan dan tinggal menambah dan memperdalam dari ISO yang sudah disampaikan oleh Pak Yakin, pelatihan ini sungguh luar biasa.