Jakarta- ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Governance Risk Management Specialist atau CGRCS  bagi peserta terdaftar  sebagai bagian dari upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Acara tersebut dihadiri oleh 4 orang  peserta dan 1 fasilitator dari ESAS Management yaitu Aswin Sumarto, S.S., M.M.

Pelatihan CGRCS dilaksanakan pada bulan November ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi Governance Risk Compliance Management Specialist.

Dalam pelatihan ini, peserta dibgetahuan dasar mengenai proses tata kelola, risiko, dan kepatuhan (compliance).

Pelatihan ini disampaikan oleh Aswin Sumarto seorang Risk Management dan HSE di PT Angkasa Pura serta Banking Internal Audit Level Auditor di LSPP ini memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang Governance Risk Compliance. Beliau tentunya memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dan implementasinya.

Dalam pelatihan ini, Aswin menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta. Beliau menjelaskan lembaga OCEG (Open Compliance & Ethics Group) yang bermarkas di Amerika serikat adalah lembaga yang menemukan konsep GRC pertama kali Di dunia pada tahun 2002. OCEG dengan model kapabilitas GRC versi 3.0 sudah dijadikan referensi dalam penerapan GRC pada banyak organisasi besar di Amerika serikat.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Penerapan model kapabilitas GRC OCEG ini terdiri dari empat komponen (Learn, Align, Perform, Review) dan 20 elemen ini akan membantu organisasi untuk mencapai “kinerja berprinsip” atau “principled performance”. Dengan kata lain tujuan penerapan GRC adalah mencapai kinerja berprinsip” kata Aswin.

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Aswin dengan bertanya, dan berdiskusi mengenai topik yang disampaikan.

Herovan Alfian salah satu peserta pelatihan CGRCS berkomentar mengenai pelatihan “pelatihan ini menambah pengetahuan saya mengenai GRC, pemaparan materi dari Pak Aswin juga cukup mendalam, ditambah proses diskusi yang melengkapi pelatihan ini” kata Alfian  Pelatihan CGRCS ini merupakan salah satu dari pelatihan yang diadakan dalam rangka  pengedukasian sebagai produk knowledge yang difasilitasi oleh ESAS Management. Banyak Pelatihan lain yang telah diselenggarakan dan bisa dilihat dalam portal berita ESAS Management.

Pelajari GRC secara mendalam hanya di ESAS Management.
Doc. Pelatihan CGRCS Batch 5

ESAS Management sendiri merupakan lembaga pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi. Untuk Menciptakan alumni yang kompeten dibidangnya, Esas berfokus pada silabus berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Beberapa Program Esas adalah Pelatihan & Sertifikasi Kompetensi Bersertifikat BNSP dan Non BNSP, dan TOEFL ITP Preparation dari ETS, selain itu Esas juga rutin melaksanakan webinar gratis untuk mengedukasi masyarakat luas.

Benefit yang akan didapat oleh peserta setelah mengikuti pelatihan ini diantaranya adalah

  1. Mendapat gelar non akademik CGRCS
  2. Mendapat E-sertifikat pelatihan
  3. Mendapat sertifikat kelulusan dilengkapi dengan transkrip jam pembelajaran
  4. Dapat bergabung di grup alumni CGRCS

Esas Management berupaya memberikan kontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan pemahaman perencanaan strategis kepada masyarakat khususnya Peserta terdaftar di pelatihan CGRCS.