Jakarta- 30 November 2023 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai  Certified Risk Management Specialist (CRMS). Certified Risk Management Specialist (CRMS) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu – Kamis, 29 – 30 November 2023 pukul 19.00 s.d 21.00 WIB  yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Risk Management Specialist (CRMS). Beliau adalah Aswin Sumarto, S.S, M.M, CBIA, CHCM, QRMO, CRA, CRMS (Master Trainer Esas Management, Risk Management & HSE – PT. Angkasa Pura Cargo).

           
Pada awal pelatihan, Pak Aswin menjelaskan bahwa langkah awal yang sangat efektif bagi lembaga dalam manajemen risiko kredit adalah memperoleh informasi komprehensif mengenai risiko kredit secara menyeluruh, termasuk tingkat individu, nasabah, dan portofolio. Risiko umumnya dijelaskan sebagai hasil dari efek atau dampak dari suatu kejadian atau perubahan dalam situasi tertentu, yang dipadukan dengan tingkat “probabilitas” atau kemungkinan kejadian tersebut, sebagaimana didefinisikan dalam Standar ISO 73:2009, bagian 3.6.1.1.


Tentang manajemen risiko kredit di lembaga , ada empat aspek utama yang perlu diperhatikan. Pertama, pentingnya kebijakan, prosedur, dan penetapan limit yang jelas. Kedua, proses identifikasi, pengukuran, pemantauan, dan pengendalian risiko harus dilakukan secara terus-menerus, didukung dengan sistem informasi manajemen risiko yang kuat. Ketiga, lembaga perlu memiliki sistem pengendalian intern yang komprehensif. Terakhir, strategi pembentukan cadangan untuk mengatasi penurunan nilai kerugian juga menjadi bagian krusial dari manajemen risiko kredit yang efektif.

(Simak selengkapnya hanya di pelatihan Certified Risk Management Specialist yang di fasilitasi oleh ESAS Management)

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pak Aswin juga menjelaskan Arsitektur Manajemen Risiko telah berubah dari sekadar inisiator pembangunan kerangka manajemen risiko menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam keseluruhan perusahaan. ISO 31000:2018 menekankan sifat iteratif dalam manajemen risiko, yang berarti terus disempurnakan seiring berjalannya proses manajemen risiko. Standar ini juga mendorong sistem manajemen risiko untuk lebih terbuka terhadap input dari lingkungan eksternal perusahaan agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan industri yang beragam.

Taktik Terobosan dalam Pengelolaan Risiko: Meminimalkan Ancaman, Maksimalkan Peluang, Yuk Pelajari di ESAS Management!
Doc. Pelatihan CRMS Batch 8

Proses manajemen risiko melibatkan penerapan kebijakan, prosedur, dan praktik secara teratur dalam komunikasi, evaluasi, perlakuan, dan pelaporan risiko. Ini harus menjadi bagian integral dari pengambilan keputusan dan diintegrasikan ke dalam struktur organisasi pada berbagai tingkat, mulai dari strategis hingga operasional, sesuai dengan konteks eksternal dan internal organisasi serta jenis risiko yang dikelola. Proses manajemen risiko juga membutuhkan komunikasi dan konsultasi. Tujuan komunikasi dan konsultasi adalah mendukung pemangku kepentingan yang relevan dalam memahami risiko, dasar pengambilan keputusan, serta alasan di balik kebutuhan akan tindakan tertentu. Komunikasi berperan dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan risiko, sementara konsultasi melibatkan pengumpulan umpan balik dan informasi yang mendukung proses pengambilan keputusan.

Dalam pelatihannya, Pak Aswin tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan melakukan diskusi dengan para peserta, selain itu Pak Aswin juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui dalam memanajemen risiko.

Top of Form


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Certified Risk Management Specialist (CRMS)  yaitu sebagai berikut:

  1. Arsitektur Manajemen Risiko
  2. Effectively Risk Assessment
  3. Project Risk Assessment
  4. Risk based Budgeting
  5. Risk Management Practical Implementation in Firm

Diakhir acara para peserta Certified Risk Management Specialist (CRMS) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu kak Didik, pelatihan Certified Risk Management Specialist (CRMS) pada mala mini memiliki materi yang sangat lengkap dengan contoh-contoh yang sangat relevan dan bisa diaplikasikan di kehidupan nyata, terima kasih banyak Pak Aswin.