Jakarta, 17 April 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Self Healing Professional (CSHP).  

Pelatihan Certified Self Healing Professional (CSHP) tersebut diselenggarakan pada hari Rabu, 17 April 2024 pukul 19. 00 s.d 21.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Self Healing Professional (CSHP). Beliau adalah Ibu Siti Juariah, S.Psi., M.Pd. (Praktisi dan Muslim Konselor Indonesia, dan Dosen), dengan seorang moderator yaitu Indah (moderator & Admin Support ESAS Management).

Dalam paparannya, Ibu Siti menegaskan bahwa Islam bukan hanya menitikberatkan pada aspek fisik, tetapi juga memperhatikan emosional dan mental sebagai bagian integral dari kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

"Pelatihan CSHP: Menggali Konsep Self-Healing dalam Perspektif Islam Bersama ESAS Management"
Dokumentasi Pelatihan CSP

Dalam Islam, konsep kebersihan (Taharah) tidak hanya tercermin melalui praktik wudhu dan pemeliharaan kebersihan tubuh, pakaian, serta lingkungan, tetapi juga melalui panduan terkait konsumsi makanan dan minuman yang halal. Islam mendorong pola makan seimbang, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup sebagai bagian dari upaya menjaga fisik.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Tidak hanya itu, Islam memberikan perhatian serius terhadap emosional. Konsep tawakal (bertawakal pada Allah), shalat, dzikir, empati, kesabaran, pengendalian nafsu, serta bertobat dan meminta ampun merupakan aspek-aspek penting yang membentuk dasar emosional dalam perspektif Islam. Dengan demikian, nilai-nilai agama memberikan panduan tentang bagaimana menjaga emosional dan mencapai keseimbangan dalam hidup.

Menurut Islam, mental juga dianggap sebagai bagian integral dari kesejahteraan seseorang secara keseluruhan. Keseimbangan antara fisik, mental, dan emosional dianggap sebagai kunci menuju kesejahteraan holistik. Dengan memahami dan menerapkan konsep self-healing dalam perspektif Islam, individu dapat mengembangkan holistik yang lebih baik.

Pengertian diri, pengelolaan emosi, kreativitas, produktivitas, dan pengembangan resiliensi diri menjadi fokus utama dalam praktik self-healing dalam Islam. Melalui praktik-praktik keagamaan dan nilai-nilai yang dianut, individu dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupan mereka. Dengan demikian, konsep self-healing dalam perspektif Islam tidak hanya mencakup aspek fisik, tetapi juga menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan mental dan emosional. Di tengah tantangan dan tekanan kehidupan modern, pemahaman dan praktik konsep self-healing dalam Islam dapat menjadi pedoman berharga menuju kesejahteraan.