Jakarta, 24 Oktober 2023 Esas management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Microsoft Office Practitioner (MOP). Pelatihan Microsoft Office Practitioner (MOP) tersebut diselenggarakan pada hari Senin – Selasa , 23 – 24 Oktober 2023 pukul 19.30 s.d 21.30 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.


Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang  Microsoft Office Practitioner (MOP). Beliau adalah Tomy Darmawan, S.Kom.  (Certified Microsoft Office Specialist, Master Trainer ESAS Management, Dosen)


Pada hari pertama pelatihan, Pak Tomy menjelaskan terkait tools yang ada pada Microsoft word, selain itu Pak Tomy juga menjelaskan bagaimana cara membuat surat dengan kop surat dan menjelaskan margin yang biasa dipakai dalam pembuatan dokumen-dokumen seperti dokumen skripsi, surat elektronik, dan lainnya. Tidak sampai disitu namun Pak Tomy juga menjelaskan cara membuat tabel, maupun text box yang menarik dan cara mudah untuk membuat tabel pada Microsoft Word.

Selanjutnya Pak Tomy menjelaskan terkait Microsoft Power Point, mulai dari perkenalan tools dan bagaimana cara membuat presentasi yang benar dan menarik. Dalam melakukan presentasi harus dibuka dengan pendahuluan, dilanjutkan dengan memaparkan isi dan penyajian materi yang menarik, dan diakhiri dengan penutup. Pak Tomy juga menjelaskan Do and Don't yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi. Pendahuluan yang baik dimulai dengan slide memperkenalkan diri, melakukan perkenalan instansi terkait, dan dilanjutkan dengan pemaparan judul. Sedangkan untuk isi materi dalam slide harus berisikan konten materi yang disampaikan dengan menyajikan dalam bentuk point penting yang ada di materi, jangan menuliskan dan memindahkan paragraf ke dalam slide power point karena tidak akan menarik.

Gambar, Grafik, dan bahkan SmartArt juga diperlukan dalam suatu presentasi power point, tentu gambar yang digunakan harus sesuai dengan isi konten materinya. Dalam slide power point penting untuk memperhatikan :

Scroll Untuk Lanjut Membaca
  1. Pengaturan Background
  2. Pengaturan Ukuran & Warna Huruf
  3. Pengaturan Transisi
  4. Pengaturan Animasi
  5. Pengaturan Sound
  6. Pengaturan Movie/Video
  7. Pengaturan Hyperlink
  8. Pengaturan Slide Show

(Simak lebih lengkapnya di Pelatihan Microsoft Office Practitioner yang difasilitasi oleh ESAS Management)

Pelajari dan Tingkatkan Skill Microsoft Office berguna untuk kebutuhan kerja yang harus dikuasai.
Doc. Pelatihan MOP Batch 4

Hari kedua pelatihan Microsoft Office Practitioner (MOP) diisi Pak Tomy dengan materi terkait dengan Microsoft Excel. Diawali dengan perkenalan tools yang ada pada Microsoft Excel dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan shortcut dan cara mudah melakukan penomoran otomatis pada excel. Selain itu Pak Tomy juga menjelaskan rumus-rumus pada excel untuk mempermudah pekerjaan kita di sekolah, kampus, ataupun kantor loh! Contoh rumus yang diajarkan oleh Pak Tomy yaitu dalam pembuatan tabel dengan rumus LOOKUP dengan dua jenis rumus, ada vertical dan ada horizontal. Tidak hanya itu, ada juga rumus pembaca karakter dalam cell yang tidak kalah keren untuk membantu pekerjaan kita.  Kalau rumus perhitungan angka ada ga? Ada juga! Perhitungan angka seperti pajak, total bayar, bonus atau discount juga diajarkan loh dalam pelatihan ini.

Pelatihan Microsoft Office Practitioner (MOP) yang diselenggarakan selama 2 malam tidak hanya menjelaskan terkait teori saja namun juga langsung berpraktek bersama sehingga sangat bermanfaat bagi peserta baik itu mahasiswa maupun karyawan/staff. Selain itu pelatihan malam ini nantinya akan diuji untuk mendapatkan sertifikat BNSP.


Ada banyak hal-hal yang dipelajari dalam Microsoft Office Practitioner (MOP)  yaitu sebagai berikut:

  1. Menggunakan peralatan peripheral
  2. Microsoft Word
  3. Microsoft Excel
  4. Microsoft PowerPoint
  5. Menggunakan berbasis internet
  6. Menggunakan perangkat lunak pengakses surat elektronik
  7. Mengidentifikasi aspek keamanan informasi pengguna
  8. Membuat design presentasi

Diakhir acara para peserta dalam Microsoft Office Practitioner (MOP)  juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.   


Menurut Salah satu peserta, yaitu Bapak Zulkharnain materi dan praktik yang disampaikan pada pelatihan Microsoft Office Practitioner (MOP)  sangat komperensif dan saya mendapatkan pelajaran yang banyak, apabila sebelumnya hanya dari social media namun kini langsung belajar dengan mentor secara langsung.