Jakarta- 23 Maret 2024 ESAS Management sukses menyelenggarakan pelatihan Sertifikasi mengenai Certified Professional Financial Management (CPFM). Pelatihan Certified Professional Financial Management (CPFM) tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 pukul 13.00 s.d 15.00 WIB yang dilaksanakan melalui platform zoom meeting dan ESAS Management serta dihadiri banyak peserta dari berbagai latar belakang dan domisili yang berbeda.

Sertifikasi ini menghadirkan 1 narasumber yang tentunya Professional dalam bidang Certified Professional Financial Management (CPFM). Beliau adalah Aditya Hermawan, SE, Ak, MSA (Dosen Akuntansi, Praktisi Akuntansi, Independent Financial Advisor, Founder & Owner Akulaba.com)

Pada awal pemaparannya, Pak Adit menjelaskan bahwa dalam era ketidakpastian seperti sekarang, kemampuan untuk mengelola secara profesional menjadi semakin penting. Baik itu untuk individu maupun perusahaan, memiliki strategi yang solid adalah kunci untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Manajemen profesional dimulai dengan pemahaman yang mendalam tentang prinsip dasar . Ini termasuk pemahaman tentang pendapatan, pengeluaran, investasi, utang, dan risiko. Individu atau profesional perlu memiliki pengetahuan yang kuat tentang bagaimana mengelola arus kas, menentukan prioritas , dan memahami implikasi jangka panjang dari keputusan mereka.

Langkah selanjutnya dalam manajemen profesional adalah perencanaan yang matang. Ini melibatkan pembuatan anggaran, penetapan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta pengembangan strategi untuk mencapainya. Perencanaan yang baik membantu dalam mengalokasikan sumber daya secara efisien, mengurangi risiko , dan memberikan arah yang jelas dalam mencapai tujuan .

Manajemen profesional juga mencakup diversifikasi investasi. Dengan menempatkan dalam berbagai instrumen investasi, seperti saham, obligasi, reksadana, dan properti, individu atau perusahaan dapat mengurangi risiko dan meningkatkan potensi pengembalian. Diversifikasi membantu melindungi portofolio dari fluktuasi pasar yang tiba-tiba dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Manajemen profesional tidak hanya tentang membuat rencana dan membiarkannya berjalan. Ini juga melibatkan monitoring dan evaluasi terus-menerus terhadap kinerja . Dengan memantau perkembangan secara teratur, individu atau perusahaan dapat mengidentifikasi masalah potensial, mengambil tindakan korektif yang diperlukan, dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan. Evaluasi terus-menerus juga membantu dalam memastikan bahwa tujuan tercapai sesuai rencana.

Secara keseluruhan mengelola secara profesional bukan hanya tentang memiliki pengetahuan yang cukup tentang , tetapi juga tentang menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam praktik sehari-hari. Dengan memahami pentingnya manajemen yang solid dan mengikuti langkah-langkah praktis yang disebutkan di atas, individu atau perusahaan dapat mencapai kesuksesan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

(Penasaran dengan kelanjutannya? Mari ikuti Pelatihan Certified Professional Financial Management hanya di ESAS Management).

Mengelola Keuangan Secara Profesional: Kunci Kesuksesan Finansial
Doc. Pelatihan CPFM Batch 11

Dalam pelatihannya, Pak Adit tidak hanya menjelaskan materi dengan teori saja namun juga melakukan praktik bersama dengan contoh kasus yang menarik. Forum diskusi bersama juga dibuka, dimana Pak Adit juga berbagi pengalaman yang sudah dilalui.
Ada banyak hal-hal yang dipelajari Certified Professional Financial Management (CPFM) yaitu sebagai berikut:

  1. Fundamental of financial management
  2. Assets management
  3. Portofolio and investment management
  4. Debt management
  5. Tax management
  6. Financial budgeting
  7. Financial performance

Diakhir acara para peserta Certified Professional Financial Management (CPFM) juga sangat puas dan mengapresiasi pelatihan ini.

Menurut Salah satu peserta, yaitu pak Dewi Indah Sari pelatihan Financial Management ini sangat menambah banyak wawasan saya. Terima kasih banyak Pak Adit dan ESAS Management.